Langsung ke konten utama

INSTALL, KONFIGURASI ACTIVE DIRECTORY, DAN JOIN DOMAIN DI WINDOWS SERVER 2008

NAMA : Iswara Suwan D
KELAS : XI TKJ 2
GURU PEMBIMGBING : – IBU RITA HARTATI
– PAK KUWAT

INSTALL, KONFIGURASI ACTIVE DIRECTORY, DAN JOIN DOMAIN DI WINDOWS SERVER 2008
Tujuan
  1. Dapat mengetahui bagaimana cara menginstall Active Directory di Windows Server 2008
  2. Menginstall dan membuat domain pada Windows Server 2008.
Konsep Dasar 
Active Directory adalah layanan direktori yang dimiliki oleh Sistem Operasi Jaringan Microsoft Windows Server. Active Directory terdiri atas basis data dan juga layanan direktori. Basis data yang dimiliki oleh Active Directory menyimpan segala sumber daya yang terdapat di dalam jaringan. Layanan direktori yang dimilikinya membuat informasi yang disimpan di dalam basis data dapat diakses oleh pengguna dan aplikasi.
Sedangkan DNS singkatan dari Domain Name System yang berfungsi untuk menyamarkan IP.DNS Server ini sebagai penghubung antara IP dengan nama samarannya. Jadi kalo misalkan kita ngetik google.com DNS server lah yang mentranslate nama tersebut menjadi IP.

  • Langkah Kerja
 INSTALL ACTIVE DIRECTORY DAN INSTALL DNS SERVER
  1. Install Active Directory
  2. Klik menu start,Kemudian klik administrative tools
  3. Setelah itu klik server manager
  4. Lalu klik Roles kemudian klik add roles
  5. Jika sudah masuk ke add roles,proses penginstalan akan dimulai,Dalam proses ini klik next saja
  6. Lalu, klikServer Roles, karena saya akan menginstall Active Directory, Nah kemudian centang pada kolom  Active Directory Domain Servicesdan klik Next
  7. pada bagian ini kalian langsung klik next kemudian klik install dan proses penginstallan sudah dimulai.
  8. Alhamdulillah,proses instalasi sudah selesai,klik close saja
  9. untuk mengecek , masuk  ke  desktop .Klik Start , lalu klik Administrative Tools, dan Active  Directory sudah terinstall seperti dikotak biru.

 B.Konfigurasi Active Directory Domain Services
  1. .Sama seperti tadi yang pertama,klik menu start kemudian klik administrative tools> ServerManagerRoles >  Klik Run the Active Directory Domain Services Installation Wizard (exe).
  2. Dan akan muncul tab baru, pada bagian ini kalian centang pada tulisan Use Advanced Mode Installation, dan klik Next
  3. Di next saja
  4. Kemudian, kita masuk ke dalam bagian Choose a Deployment Configuration, pada bagian ini, pilih Create a New Domain in a New Forest(karena kita ingin membuat domain untuk server).
  5. Lalu, kita masuk ke dalam proses membuat domain, untuk nama domainnya, saya tulis domain “yus-yus16.ga” dan klik Next.
  6. Klik next saja
  7. Kemudian,dibagian Set Forest Functional Level, pada bagian ini, saya pilih Windows Server 2008 agar kompatibel dengan Windows Server 2008 dan klik 
  8. Nantiakan muncul Static IP Assignment, untuk bagian ini, pilih Yes, the Computer will use a dynamically assigned IP Address (not Recommended).
  9. klik Next saja
  10. BuatPassword untuk Join Domain ke Windows 7 disinisaya buat password yang sama dengan password untuk masuk ke Windows Server 2008,klik Next.
  11. Kemudianakan muncul proses penyelesaian instalasi DNS Server, pada bagian ini, centang pada tulisan Reboot on Completion (agar restart secara langsung).
  12. Jika proses restart telah selesai, kita log in untuk masuk ke Desktop Windows Server 2008 dan klik enter
  13. Jika sudah masuk ke KlikStart,lalu klik Administrative Tools,dan liat apakah ada DNS atau tidak.

  1. JOIN DOMAIN
  2. Klik menu start,kemudian klik Administrative tools ,lalu klik server manager.
  3. Klik Roles,kemudian klik DNS SERVER,lalu klik DNS
  4. Kemudian klik folder dibawah DNS.
  5. Nanti akan muncul beberapa folder,nah klik folder forward lookup zones
  6. Setelah itu klik kanan pada nama server yang telah tadi dibuat,kemudian pilih new host.
  7. Kemudian isi nama beserta IP client dan klik add host. Subdomain yus-yus16.ga ini untuk client Windows 7.8. Jika berhasil di daftarkan maka akan muncul pemberitahuan berikut :
 KLIK OK
9. Client yang menggunakan Sistem Operasi Windows 7 telah terdaftar di Domain yus-yus16.ga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINTAH DASAR PADA SWITCH DALAM CISCO PACKET TRACER

Nama Kelas sekolah Mapel Guru pembingbing Iswara Suwan D XI TKJ 2 SMKN 13 BDG AIJ 1.Pak Atep 2.Bu Rita I.Tujuan Mengetahui perintah – perintah dasar untuk konfigurasi switch Bisa mengkonfigurasi switch II. Konsep Dasar Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor atau penghubung. Dilihat dari fungsinya Switch mirip dengan HUB, tetapi HUB bersifat broadcast atau setiap data yang dikirim akan diterima oleh semua perangkat yang terhubung dengan HUB. Dalam pengkonfigurasian switch kita memerlukan komputer untuk berperan sebagai remote switch, Karena switch tidak memiliki monitor atau tombol untuk mengkonfigurasi       . Untuk mengkonfigurasi switch, kabel yang kita gunakan untuk menghubungkan komputer dan switch adalah kabel console.               A.Jenis – Jenis Mode Konfigurasi Switch Dalam konfigurasi switch terbagi dalam beberapa mode, mode tersebut dapat kita bedakan atau ditandai oleh simbol – simbol berikut. User mode ( Switch>

FUNGSI DAN CONTOH PERANGKAT PADA 7 OSI LAYER

Nama : Iswara Suwan D Kelas : XI-TKJ2 FUNGSI DAN CONTOH PERANGKAT PADA 7 OSI LAYER Physical Layer Physical layer bertyanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media (seperti kabel) dan menjaga koneksi fisik antar system. Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau token Ring), topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. – Protocol pada layer physic adalah Organizations: IEE, TIA/ETA, ANSI, etc.Cable (ie. RJ45) – Contoh perangkatnya yaitu Hubs, NIC (Layers 1 & 2), Media: Coax, Fiber, Twisted Pair, Wireless Datalink Layer Data link layer menyediakan link untuk data. Memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physica

Mengenal SWITCH dalam CISCO

Nama Kelas Sekolah Guru Mapel ISWARA SUWAN D XI TKJ 2 Smkn 13 Bandung 1.Ibu rita hartati 2.Pak Atep Aulia AIJ 1.TUJUAN -Mengetahui dan Memahami tentang Switch – Mengetahui dan memahami tipe-tipe  switch pada aplikasi CISCO packet traser 2.Konsep dasar Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data .  3.URAIAN MATERI/ LANGKAH KERJA a.Fungsi Switch Switch berfungsi sebagai penguat sinyal jaringan komputer, namun juga sebagai penghubung antara komputer supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Switch memiliki beberapa port RJ45 sebagai port penghubung dengan perangkat lain. Switch pada dasarnya memiliki fungsi sama seperti Hub, tetapi switch lebih canggih dibandingkan hub karena Switch dapat mengenali data alamat yang harus dikirim dan mampu mengatu