Langsung ke konten utama

Mengenal SWITCH dalam CISCO

Nama
KelasSekolahGuruMapel
ISWARA SUWAN DXI TKJ 2Smkn 13 Bandung1.Ibu rita hartati
2.Pak Atep Aulia
AIJ


1.TUJUAN
-Mengetahui dan Memahami tentang Switch
– Mengetahui dan memahami tipe-tipe  switch pada aplikasi CISCO packet traser
2.Konsep dasar
Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data .
 3.URAIAN MATERI/ LANGKAH KERJA
a.Fungsi Switch
Switch berfungsi sebagai penguat sinyal jaringan komputer, namun juga sebagai penghubung antara komputer supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Switch memiliki beberapa port RJ45 sebagai port penghubung dengan perangkat lain.
Switch pada dasarnya memiliki fungsi sama seperti Hub, tetapi switch lebih canggih dibandingkan hub karena Switch dapat mengenali data alamat yang harus dikirim dan mampu mengatur lalu lintas data dalam jaringan dengan lebih baik daripada hub.
Switch juga merupakan titik percabangan dari proses transfer data sehingga jika Switch mengalami masalah maka seluruh proses transfer koneksi jaringan dan data akan terganggu.
b.Cara Kerja Switch
Switch mampunyai cara kerja yaitu dengan menerima dan menganalisis jenis paket data dari alamat pengirim sebelum diteruskan kepada tujuan.
Switch akan meneliti dan menganalisa satu per satu paket untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada paket tersebut agar mencegah terjadinya gangguan pada jaringan.
Switch akan mengalokasikan bandwidth secara penuh dan mengutamakan setiap port. Pengguna komputer akan selalu memiliki bandwidth secara penuh dan tidak peduli berapa banyak periode bandwidth yang beroperasi pada komputer yang terhubung dengan switch.
Switch beroperasi pada lapisan Data Link Dan setiap port memiliki swith collision domain Sendiri.
d.Kelebihan Switch
Switch merupakan perangkat yang mempunyai peran penting pada jaringan komputer, karena switch menjadi pusat lalu lintas jaringan. Apabila pada suatu saat switch mengalami gangguan maka semua aktivitas jaringan akan terganggu. Berikut ini adalah kelebihan dari switch:
1.  Switch dapat memeriksa dan menganalisa paket-paket data yang diterima sebelum diteruskan kepada alamat tujuan.
2.Switch dapat menentukan alamat tujuan dan sumber paket data.
3.Switch dapat meneruskan paket data dengan cepat dan tepat.
Switch memiliki port yang cukup banyak untuk digunakan dan dihubungkan dengan perangkat lain. Switch mempunyai banyak varian jumlah port seperti memiliki 8 port, 16 port, 24 port, dll. Jadi semakin banyaknya jumlah port, maka semakin mahal pula harganya.

e.Tipe switch Pada CISCO PACKET TRACER
  1. Cisco Catalyst 2960-24TT (WS-C2960-24TT-L)
Deskripsi : Dua puluh empat port Ethernet 10/100 dan dua uplink 10/100/1000 TX
  • 1 rak unit (RU), sakelar konfigurasi tetap
  • Layanan cerdas kelas enterprise tingkat pemula
  • Gambar Base LAN terpasang
2.Cisco Catalyst 3560 v2 Series Highlights
Deskripsi :
Konsumsi daya lebih rendah dari pendahulunya
  • Kompatibel ke belakang – menggunakan gambar Cisco IOS® Software yang sama seperti seri 3560 dan memiliki fitur yang sama
  • Dukungan EnergyWise Penuh untuk memantau konsumsi energi infrastruktur jaringan dan menerapkan program penghematan energi untuk mengurangi biaya energi
  • Kompatibel dengan Cisco Redundant Power System (RPS) 2300
  • Semua unit memiliki kedalaman yang seragam 11,9 inci untuk manajemen kabel yang lebih baik
  • Preconfigurable dengan rilis Cisco IOS Software pada saat pemesanan
  • Routing IPv6 disertakan dalam set fitur Layanan IP
  • Model berdiri sendiri bertenaga DC
3.Cisco IE 2000 Series
Deskripsi :
Seri Cisco IE 2000 dirancang untuk biaya rendah, port rendah, dan ukuran kecil.

  • Port Ethernet empat, delapan, atau 16 10 / 100Base-T (downlink Small Form-Factor Pluggable [SFP] pada model yang dipilih); Konfigurasi tetap dengan faktor bentuk kompak
  • Dua port combo gigabit: SFP (100 Mbps dan 1 Gbps) atau uplink RJ45
  • Catu daya DC masukan ganda, relay alarm, rel DIN terpasang
  • Solusi Industrial Power over Ethernet (PoE)
  • Lapisan konformal tersedia
  • Kartu flash SD Swappable dan konektor mini USB
  • Ketaatan dan sertifikasi lingkungan industri
  • Aplikasi mitra industri: Ethernet / IP dan PROFINET

4.Cisco Catalyst 2950T 24
Deskripsi :

24 port 10/100 dan 2 port uplink tetap 10/100 / 1000BASE-T
  • Saklar 1RU
  • Memberikan layanan cerdas ke tepi jaringan
  • Perangkat lunak Cisco Enhanced Image terpasang
4.Daftar Pustaka

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINTAH DASAR PADA SWITCH DALAM CISCO PACKET TRACER

Nama Kelas sekolah Mapel Guru pembingbing Iswara Suwan D XI TKJ 2 SMKN 13 BDG AIJ 1.Pak Atep 2.Bu Rita I.Tujuan Mengetahui perintah – perintah dasar untuk konfigurasi switch Bisa mengkonfigurasi switch II. Konsep Dasar Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor atau penghubung. Dilihat dari fungsinya Switch mirip dengan HUB, tetapi HUB bersifat broadcast atau setiap data yang dikirim akan diterima oleh semua perangkat yang terhubung dengan HUB. Dalam pengkonfigurasian switch kita memerlukan komputer untuk berperan sebagai remote switch, Karena switch tidak memiliki monitor atau tombol untuk mengkonfigurasi       . Untuk mengkonfigurasi switch, kabel yang kita gunakan untuk menghubungkan komputer dan switch adalah kabel console.               A.Jenis – Jenis Mode Konfigurasi Switch Dalam konfigurasi switch terbagi dalam beberapa mode, mode tersebut dapat kita bedakan atau ditandai oleh simbol – simbol berikut. User mode ( Switch>

FUNGSI DAN CONTOH PERANGKAT PADA 7 OSI LAYER

Nama : Iswara Suwan D Kelas : XI-TKJ2 FUNGSI DAN CONTOH PERANGKAT PADA 7 OSI LAYER Physical Layer Physical layer bertyanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media (seperti kabel) dan menjaga koneksi fisik antar system. Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau token Ring), topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. – Protocol pada layer physic adalah Organizations: IEE, TIA/ETA, ANSI, etc.Cable (ie. RJ45) – Contoh perangkatnya yaitu Hubs, NIC (Layers 1 & 2), Media: Coax, Fiber, Twisted Pair, Wireless Datalink Layer Data link layer menyediakan link untuk data. Memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physica