Langsung ke konten utama

Apa itu PABX


Nama
Kelas
Sekolah
Guru
Mapel
ISWARA SUWAN D
XI TKJ 2
Smkn 13 Bandung
1.IbU nur
2.Pak iman
3.pak prio
TLJ


Pengertian PABX

Seperti yang di jelaskan oleh wikipedia, PABX merupakan singkatan dari Private Automatic Branch eXchange. Sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah sistem telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon internal di kantor.

Cara Kerja PABX

Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

Kegunaan PABX

  • Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
  • PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar.
  • PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis.
Beberapa Fitur PABX :
a. Call Pickup
Layanan ini disediakan untuk pengambilan nomor ekstensi lain oleh ekstensi yang terdekat (dalam satu grup),    jika pengguna ekstensi lain tersebut tidak berada di tempat.
b. Call Back
Saat ada panggilan ke sebuah nomor ekstensi tertentu, kebetulannomor ekstensi tersebut sedang bicara, maka pemanggil hanya perlu menekan kode tertentu, kemudian On Hook. Saat nomor yang dituju selesai bicara/on hook, pemanggil mendengar nada panggil.Jika pemanggil Off Hook langsung tersambung ke tujuan (tanpa tekan nomor lagi).
c. Hunting
Proses pemberian sebuah nomor ekstensi kepada beberapa jalur pemakai. Pemberian hanya sebuah nomor ini dimaksudkan untuk memudahkan mengingat bagi pemanggil.
Secara garis besar PABX ada 2 macam, yaitu:
a. Digital PABX
– Jenis ini biasanya memakai kabel telepon 4-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Digital.
– Pesawat telepon Digital harganya mahal sekali, sekitar Rp 1.000.000 per buah. Mahalnya seperti harga Key         Telephone yang juga memakai kabel tilpon 4-kawat.
– Key Telephone adalah semacam PABX dimana masing-masing pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai Operator Console.
b. Analog PABX
– Jenis ini memakai kabel telepon 2-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Analog (Tone dial).
– Pesawat telepon Analog relatif murah, sekitar Rp 75.000 per buah untuk kualitas yang cukup baik.
Saat ini, PABX telah mengaplikasikan teknologi Internet Protocol (IP) sehingga disebut IP PBX. IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone.
Teknologi PABX mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut :
1. Bisa sampai diatas 1000 pelanggan.
2. Memiliki jarak jangkauan sampai 5 km tanpa pengulang.
3. Bisa dihubungkan secara digital trunking dengan PABX lainnya.
4. Bisa dipakai untuk komunikasi data dengan Internet Protocol.
5. Tingkat keamanan yang cukup baik.
6. Bisa diakses dengan wireless PABX lainnya untuk jangkauan yang lebih jauh.
7. Fitur pelayanan yang semakin banyak, seperti call waiting, call fowarding,call conference, wake_up call dll.
8. Direct In Dialling (DID) ke pelanggan tertentu.
9. Direct Out Dialling (DOD) bagi semua pelanggan yang tercatat.
10. Billing System dimasing-masing pelanggan.
Aplikasi Tambahan PABX :
a. Billing System
Billing system digunakan untuk memonitor biaya pemakaian telepon sehingga dapat mengontrol, menganalisa dan merencanakan biaya operasional khususnya pemakaian telepon.
b. Auto Attendant (AA)
AA merekam pesan sambutan/informasi bagi penelpon dari luar untuk dapat menekan nomor ekstension yang diinginkan. Kemudian PABX mengaktifkan rekaman pada “OGM Recording” dan menjalankan sistem OPERATOR pada PABX.
d. Time Restriction
Program pembatasan waktu penggunaan telepon keluar, yang dapat dibedakan pada setiap ekstension, dengan durasi dari 1 menit sampai dengan 99 menit
e. Restrict The Certain Number
Program pembatasan penggunaan sambungan telepon keluar sebanyak 8 group nomor telepon, yang juga dapat dibedakan pada setiap ekstension.
f. Outgoing Exts Assign
Dapat diprogram untuk membatasi CO line khusus kepada ekstension tertentu.

Keuntungan Menggunakan PABX :
– Seluruh user dapat melakukan komunikasi cukup hanya dengan menekan nomor ekstensi.
– Menghemat pengeluaran biaya untuk berkomunikasi dalam satu lingkup jalur ekstension PABX.
– Dapat menghubungkan antar ekstensi dalam suatu jaringan PABX tanpa menggunakan sentral TELKOM.
Kerugian Menggunakan PABX :
– Tidak bisa melakukan sambungan/komunikasi keluar secara bersamaan jika saluran keluar yang tersedia jumlahnya sedikit/lebih kecil dari jumlah userunser yang ada dalam PABX tersebut.
– Pemanfaatan layanan PABX dikenakan biaya abdonemen untuk berlangganan

Kesimpulan

Kesimpulannya, PABX sangat penting untuk kebutuhan bisnis jaman sekarang, terutama untuk efisiensi telekomunikasi. Jika Anda berencana memasang sistem PABX di kantor Anda, pastikan skala kebutuhan Anda terlebih dahulu.
daftar pustaka:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINTAH DASAR PADA SWITCH DALAM CISCO PACKET TRACER

Nama Kelas sekolah Mapel Guru pembingbing Iswara Suwan D XI TKJ 2 SMKN 13 BDG AIJ 1.Pak Atep 2.Bu Rita I.Tujuan Mengetahui perintah – perintah dasar untuk konfigurasi switch Bisa mengkonfigurasi switch II. Konsep Dasar Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor atau penghubung. Dilihat dari fungsinya Switch mirip dengan HUB, tetapi HUB bersifat broadcast atau setiap data yang dikirim akan diterima oleh semua perangkat yang terhubung dengan HUB. Dalam pengkonfigurasian switch kita memerlukan komputer untuk berperan sebagai remote switch, Karena switch tidak memiliki monitor atau tombol untuk mengkonfigurasi       . Untuk mengkonfigurasi switch, kabel yang kita gunakan untuk menghubungkan komputer dan switch adalah kabel console.               A.Jenis – Jenis Mode Konfigurasi Switch Dalam konfigurasi switch terbagi dalam beberapa mode, mode tersebut dapat kita bedakan atau ditandai oleh simbol – simbol berikut. User mode ( Switch>

FUNGSI DAN CONTOH PERANGKAT PADA 7 OSI LAYER

Nama : Iswara Suwan D Kelas : XI-TKJ2 FUNGSI DAN CONTOH PERANGKAT PADA 7 OSI LAYER Physical Layer Physical layer bertyanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media (seperti kabel) dan menjaga koneksi fisik antar system. Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau token Ring), topologi jaringan dan pengkabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Networl Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio. – Protocol pada layer physic adalah Organizations: IEE, TIA/ETA, ANSI, etc.Cable (ie. RJ45) – Contoh perangkatnya yaitu Hubs, NIC (Layers 1 & 2), Media: Coax, Fiber, Twisted Pair, Wireless Datalink Layer Data link layer menyediakan link untuk data. Memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media komunikasinya dengan kartu jaringan, mengatur komunikasi layer physica

Mengenal SWITCH dalam CISCO

Nama Kelas Sekolah Guru Mapel ISWARA SUWAN D XI TKJ 2 Smkn 13 Bandung 1.Ibu rita hartati 2.Pak Atep Aulia AIJ 1.TUJUAN -Mengetahui dan Memahami tentang Switch – Mengetahui dan memahami tipe-tipe  switch pada aplikasi CISCO packet traser 2.Konsep dasar Switch adalah perangkat jaringan komputer yang berfungsi sebagai konektor / penghubung . Dilihat dari fungsinya , terlihat mirip dengan Hub . Perbedaan kedua alat ini adalah soal besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan besaran kecepatan transfer data .  3.URAIAN MATERI/ LANGKAH KERJA a.Fungsi Switch Switch berfungsi sebagai penguat sinyal jaringan komputer, namun juga sebagai penghubung antara komputer supaya dapat berkomunikasi satu sama lain. Switch memiliki beberapa port RJ45 sebagai port penghubung dengan perangkat lain. Switch pada dasarnya memiliki fungsi sama seperti Hub, tetapi switch lebih canggih dibandingkan hub karena Switch dapat mengenali data alamat yang harus dikirim dan mampu mengatu